Strategi Marketing


Disampaikan oleh Nur Hidayati,S.Ab.
Mata Pelajaran Marketing



3.7 Menganalisis Teknik dan Strategi Pemasaran
4.7 Melaksanakan teknik dan strategi pemasaran
Segmenting, Targeting and Positioning

Inti pemasaran strategis
  1. Mengidentifikasi variabel segmentasi dan segmentasi pasar
  2. Mengembangkan bentuk segmen yg menguntungkan
  3. Mengevaluasi daya tarik masing-2 segmen
  4.  Memilih segmen-2 sasaran
  5. Mengidentifikasi konsep positioning yg memungkinkan bagi masing-2 segmen sasaran.
  6. Memilih, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep posisioning yg dipilih
Setiap perusahaan memiliki tiga kemungkinan pandangan terhadap strategi pemasaran dalam melayani pasarnya
Pandangan strategi pemasaran terbagi menjadi tiga:
1.      Mass Marketing (Undifferentiated Marketing) Disebut juga strategi Agregasi pasar, Bertujuan efisiensi & skala ekonomis. (produk standar)

2.       Product-Variety Marketing (Differentiated MarPketing) Produk yg memiliki karaktersitik yg berbeda. Ukuran, model warna, kualitas dst.

3.      Target Marketing Melakukan segmentasi pasar, kemudian memilih satu atau lebih segmen yg dianggap paling potensial.


Mass Marketing (Undifferentiated Marketing)
Dalam praktek pemasaran demikian, penjual memproduksi produk massal, mendistribusikan secara massal, dan memasarkan produk secara massal.
Hanya ada satu jenis produk utk seluruh pasar dan bahwa adanya pasar beranekaragam tidak dipikirkan dalam praktek ini.
Utk mendukung kesuksesan strategi ini ada beberapa persyaratan utama Yg harus dipenuhi yaitu:
  1. Harus ada sejumlah besar orang yg memiliki kebutuhan atau keinginan dasar yg sama (homogen)
  2. Konsumen merasa bahwa produk-produk dari setiap perusahaan tidak ada bedanya atau hanya kecil bedanya.
  3. Perusahaan harus mampu merancang satu bauran pemasaran yg dapat memuaskan segala macam calon pelanggan.
Product Variety Marketing (Differented Marketing)
Strategi ini lebih menekankan penyediaan berbagai macam produk kepada pembeli daripada usaha menarik berbagai segmen pasar yg berbeda.
Dasar pemikiran strategi ini adalah bahwa pelanggan memiliki selera masing-2 dan selera tersebut berubah sepanjang waktu. Oleh karena itu pelanggan membutuhkan variasi dan perubahan; perusahaan berupaya menawarkan sebanyak mungkin produk yg bisa memenuhi semua variasi tersebut. Contoh : strategi General Motors dengan beberapa produknya yg diberi nama : Pontiac, Buick, Cadillac, dan Oldsmobile. Ketiga merek tersebut sebenarnya sama dan hanya berbeda dalam model dan ciri-ciri tertentu.

Target Marketing (pemasaran bersasaran)
Perusahaan melakukan segmentasi pasar, kemudian memilih satu atau lebih segmen yg dianggap paling potensial dan menguntungkan, serta mengembangkan produk dan program pemasaran yg dirancang khusus untuk segmen-2 yg dipilih tersebut. Terdapat dua tipe strategi.
1.       Concentrated Marketing / segmen tunggal , Memahami kebutuhan, motivasi, dan kepuasan setiap anggota segmennya. Kelemahan tjd jika terdapat banyak kompetitor maka profitabilitas akan menurun. Harley Davidson

2.      Multisegment Marketing, Perusahaan memilih dua atau lebih segmen pasar dan menyusun bauran pemasaran yg terpisah bagi setiap segmen tsb. Kelemahan tjd pada biaya yg besar karena melayani beberapa segmen (ingat:tdk semua segmen) tjd kanibalisasi.

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW APLIKASI SHOPPE - MATKUL IMK - 3.A TEKNIK INFORMATIKA

DIRECT STATEMENT & INDIRECT STATEMENT ( XI )