Strategi Marketing
Disampaikan oleh Nur Hidayati,S.Ab.
Mata Pelajaran Marketing
3.7
Menganalisis Teknik dan Strategi Pemasaran
4.7
Melaksanakan teknik dan strategi pemasaran
Segmenting,
Targeting and Positioning
Inti pemasaran strategis
- Mengidentifikasi
variabel segmentasi dan segmentasi pasar
- Mengembangkan bentuk
segmen yg menguntungkan
- Mengevaluasi daya tarik
masing-2 segmen
- Memilih segmen-2 sasaran
- Mengidentifikasi konsep
positioning yg memungkinkan bagi masing-2 segmen sasaran.
- Memilih, mengembangkan,
dan mengkomunikasikan konsep posisioning yg dipilih
Setiap
perusahaan memiliki tiga kemungkinan pandangan terhadap strategi pemasaran
dalam melayani pasarnya
Pandangan
strategi pemasaran terbagi
menjadi tiga:
1.
Mass
Marketing (Undifferentiated Marketing) Disebut juga strategi Agregasi pasar, Bertujuan efisiensi & skala ekonomis. (produk
standar)
2.
Product-Variety Marketing (Differentiated MarPketing) Produk yg memiliki
karaktersitik yg berbeda. Ukuran, model warna, kualitas dst.
3.
Target
Marketing Melakukan
segmentasi pasar, kemudian memilih satu atau lebih segmen yg dianggap paling
potensial.
Mass Marketing
(Undifferentiated Marketing)
Dalam
praktek pemasaran demikian, penjual memproduksi produk massal, mendistribusikan
secara massal, dan memasarkan produk secara massal.
Hanya
ada satu jenis produk utk seluruh pasar dan bahwa adanya pasar beranekaragam
tidak dipikirkan dalam praktek ini.
Utk mendukung
kesuksesan strategi ini ada beberapa persyaratan utama Yg harus dipenuhi yaitu:
- Harus ada sejumlah
besar orang yg memiliki kebutuhan atau keinginan dasar yg sama (homogen)
- Konsumen merasa bahwa
produk-produk dari setiap perusahaan tidak ada bedanya atau hanya kecil
bedanya.
- Perusahaan harus mampu
merancang satu bauran pemasaran yg dapat memuaskan segala macam calon
pelanggan.
Product Variety
Marketing (Differented Marketing)
Strategi
ini lebih menekankan penyediaan berbagai macam produk kepada pembeli daripada
usaha menarik berbagai segmen pasar yg berbeda.
Dasar
pemikiran strategi ini adalah bahwa pelanggan memiliki selera masing-2 dan selera
tersebut berubah sepanjang waktu. Oleh karena itu pelanggan membutuhkan variasi
dan perubahan; perusahaan berupaya menawarkan sebanyak mungkin produk yg bisa
memenuhi semua variasi tersebut. Contoh : strategi General
Motors dengan beberapa produknya yg diberi nama : Pontiac, Buick, Cadillac, dan
Oldsmobile. Ketiga merek tersebut sebenarnya sama dan hanya berbeda dalam model
dan ciri-ciri tertentu.
Target Marketing
(pemasaran bersasaran)
Perusahaan
melakukan segmentasi pasar, kemudian memilih satu atau lebih segmen yg dianggap
paling potensial dan menguntungkan, serta mengembangkan produk dan program
pemasaran yg dirancang khusus untuk segmen-2 yg dipilih tersebut.
Terdapat dua tipe strategi.
1.
Concentrated
Marketing / segmen tunggal , Memahami
kebutuhan, motivasi, dan kepuasan setiap anggota segmennya. Kelemahan tjd jika terdapat banyak kompetitor
maka profitabilitas akan menurun. Harley
Davidson
2. Multisegment Marketing, Perusahaan memilih dua atau lebih segmen pasar dan
menyusun bauran pemasaran yg terpisah bagi setiap segmen tsb. Kelemahan tjd
pada biaya yg besar karena melayani beberapa segmen (ingat:tdk semua segmen)
tjd kanibalisasi.
Comments
Post a Comment